Mitsukurina owstoni, Hantu Perairan Jepang

Mitsukurina owstoni merupakan salah satu spesies hiu yang sempat disinyalir telah punah. Pertama kali ditemkuan di perairan laut Jepang pada tahun 1897. Hiu ini dapat hidup pada kedalaman 30 – 1300 m, namun biasa ditemukan pada kedalaman 270-960 m. Kenapa disebut “hantu”? Hiu ini dinamakan Hiu Goblin karena bentuk mengerikan yang dimilikinya.

goblin shark4

Gigi hiu ini mencuat keluar, memberikan kesan seperti zombie. Ditambah lagi bagian tonjolan diatas hidung yang memanjang. Selain itu kulit hiu goblin berwarna pink, berbedadengan hiu lain yang umumnya berwarna abu-abu atau putih. Warna pink ini disebabkan oleh kulitnya yang tipis sehingga warna dari pembuluh darahnya terlihat.

Hiu goblin merupakan satu-satunya spesies dari keluarga Mitsukurinidae yang masih ada. Hiu goblin dapat berukuran 2.4-3.1 meter untuk hiu jantan dan hiu betina 3.1-3.5 meter, meskipun hiu ini pernah ditemukan dengan ukuran sepanjang 6.2 meter. Hiu ini memiliki penampilan yanng berbeda dengan hiu lain pada bagian sirip. Sirip hiu goblin tidaklah memiliki ujung runcing seperti hiu pada umumnya. Namun hiu sirip hiu goblin berujun bulat, dan sirip pada dada dan perut dengan ukuran yang lebih kecil.

Berikut video tentang hiu goblin:

dari berbagai sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s