Malaikat yang Tidak Terbang

Apa yang terbayang oleh pembaca ketika membaca judul tersebut? Seorang utusan Tuhan yang kehilangan sayapnya seperti di kebanyakan novel? Atau seorang wanita cantik idaman anda layaknya seorang bidadari surga?? 🙂

Anda salah besar jika begitu. Malaikat yang dimaksud di sini adalah seekor hewan. Ia bernama Squatina japonica, atau lebih dikenal sebagai Japanese Angelshark (Hiu Malaikat Jepang :P). Ikan ini terlihat seperti seekor pari dengan bagian belakang sekeor hiu.

800px-Squatina_japonica3

Hiu ini tidak membahayakan manusia, namun tetap berbahaya. Bingung? Maksud tidak membahayakan di sini adalah hiu ini bukan merupakan spesies yang suka menyerang manusia untuk dijadikan mangsa. Namun meskipun begitu, hiu ini masih dapat memberikan gigitan yang cukup berbahaya pada manusia.

Hiu ini hidup di lepas pantai perairan Jepang, Taiwan dan timur Cina di kedalaman 300 meter. Jika diukur dari kepala sampai ujung ekor, hiu ini dapat mencapai ukuran 1.5 – 2.5 meter. Ikan ini memiliki sirip depan yang tipis dan melebar yang dapat disebut sebagai “sayap”. Sebagian tubuh kebelakan di penuhi barisan duri.

angel-shark-4

Angelshark mengubur diriya di pasir dengan menyisakan mata di permukaan. Ketika menemukan mangsanya, setengah badan bagian depan akan naik dengan cepat. Hiu ini lebih mengandalkan penglihatan daripada penciumannya. Pada malam hari, mereka mengandalkan cahaya dari plankton di sekitar mangsa.

angel-shark-2

sumber : en.wikipedia.com , www.howstuffwoks.com

“They said it was only a ground shark; but I was not wholly reassured. It is as bad to be eaten by a ground shark as by any other.”
― Winston Churchill, The Grand Alliance

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s